Kamis, 24 Juni 2010

Backlink meningkatkan PageRank???

Apabila kita googling di internet dengan kata kunci “Page rank” maka kita akan menjummpai banyak sekali artikel mengenai cara meningkatkan pagerank dan apakah itu pagerank. Disana disebutkan bahwa jika ingin memiliki pagerank tinggi maka kita harus memiliki backlink dengan website atau blog lain yang mempunyai tema yang serupa dengan website kita.

Apakah backlink meningkatkan pagerank? Jawaban saya adalah “Ya”. Namun, jika ditanya apakah backlink merupakan hal yang utama untuk meningkatkan pagerank website kita? Ternyata tidak 100% page rank dapat meningkatkan melalui backlink. Memang Google melihat faktor seberapa penting website kita di website orang lain, namun backlink saja tidak cukup untuk meningkatkan page rank.

Saya mencoba untuk menepis anggapan bahwa untuk meningkatkan pagerank, kita harus melakukan backlink sebanyak mungkin. Say menulis blog ini baru beberapa bulan saja, tapi sebelumnya saya sudah memiliki beberapa website dengan Adsense. Disalah satu website saya yang berbahasa inggris, saya mencoba untuk membuktikan bahwa tidaklah mutlak menggunakan backlink untuk meningkatkan pagerank. Di website saya tersebut, yang saya lakukan antara lain:

1. Melakukan update/ menambah artikel tiap3 hari sekali.

2. Memberi konten download gratis.

3. Memberi konten video klip

4. Memberi konten Newspaper

5. Mendaftarkan situs saya di Yahoo!, Google, dan dmoz.org.

6. Masukan feed reader dari website lain.


Aktifitas update ini saya lakukan secara rutin, dan kadang saya membuka-buka blog saya untuk meningkatkan pageview (Bukan buka-buka adsense). Saya lalu menunggu selama tiga bulan, dan akhirnya saya bisa mendapat pagerank 3, menarik bukan??

Kenapa saya harus menunggu selama tiga bulan setelah saya melakukan semua itu? Jawabanya tidak lain karena website yang umurnya kurang dari tiga bulan belum diperhitungkan untuk bertarung mendapatkan pagerank, dan ada kalanya sebuah blog bisa masuk dalam Sandbox. Selama di Sandbox jangan harap mesin pencari atau search engine akan menemukan website kita, jikalau ketemupun paling-paling hanya halaman depanya saja.

Page rank 3 tersebut bisa saya capai berkat langkah-langkah diatas, jadi bisa dibilang saya telah membuktikan bahwa backlink bukanlah satu-satunya cara untuk meningkatkan pagerank. Berikut untuk anda jika ingin memperoleh pagerank tinggi…

1. Belilah domain dan segera online_kan hostingnya, walaupun anda belum mempunyai artikel untuk di muat.

2. Updatelah artikel secara rutin dengan artikel yang sedang tren sesuai dengan tema website anda.

3. Masukanlah konten seperti Video, Newspaper, Feedreader, dan lain-lain

4. Submit ke Google, Yahoo!, dmoz.org

5. Bersabarlah, karena Google baru memperhitungkan website kita setelah umurnya lebih dari tiga bulan.

6. Apabila anda seorang Internet marketer, selagi menunggu pagerank, teruslah membuat website dengan cara yang sama seperti yang saya sebutkan diatas.

7. Terakhir, teruslah berkarya dan jangan putus asa… MAJU TERUS!!!


Bagaimana menurut anda? Apakah blog anda juga ingin memiliki page rank tinggi???

0 komentar:

Posting Komentar